Thursday, February 28, 2013

Hari Akhir, Hari Kemudian, Sudah SIAP?

Hari Akhir, Hari Kemudian, Sudahkah kita SIAP? 

"Dan sesungguhnya Hari Kiamat itu pastilah datang, tak ada keraguan padanya" (QS. Al-Hajj 22:7)

Sebagaimana Kami telah memulai penciptaan pertama, begitulah Kami akan mengulanginya. Itulah suatu janji yang pasti Kami tepati. Sesungguhnya Kamilah yang akan melaksanakannya.” (Q.S Al Anbiyaa 104)

Sebagai seorang muslim, pastinya kita sudah menghafal ke-6 rukun Iman yang salah satu nya yaitu IMAN KEPADA HARI KEMUDIAN, namun apa makna dari Iman kepada Hari Kemudian? Yang paling mendasar dari iman kepada hari Kemudian adalah dengan mempercayai kepastian akan adanya hari kemudian, bahwa kehidupan di dunia ini akan habis dan mempunyai batas waktu berakhirnya, kemudian akan berganti dengan kehidupan kedua di alam akhirat. Saya menyebut hari tersebut sebagai Hari Kemudian dan bukan Hari Akhir adalah karena saya  ingin menekankan bahwa memang benar bahwa hari kiamat adalah akhir dari hidup kita di dunia ini,namun selain itu yang harus disadari justru adalah bahwa hari kiamat adalah hari permulaan dari dimulainya kehidupan kekal kita, kehidupan selama-lamanya tanpa batas waktu, kehidupan di Akhirat.                                    Didalam Al Qur'an, hari kiamat disebut dalam banyak kata seperti Yawm ad-Din ( Hari Penghakiman/ Pembalasan), Yawm al-Qiyamah (Hari Kebangkitan), Yawn Al-Fath (Hari Keputusan), Yawm al-Hisab (Hari Perhitungan), Yawm ath-thalaq (Hari Pertemuan), Yawm al-Jam'i (Hari Pengumpulan) dan lain-lain.
Hari Kiamat adalah sesuatu yang pasti terjadi, mungkin juga tak akan lama lagi..., karena beberapa dari tanda-tanda bahwa kiamat semakin dekat sudah tampak, diantaranya adalah banyaknya perzinahan, banyaknya wanita yang mengumbar aurat nya, dan lain sebagainya. Kalau memang benar adanya kiamat sudah mendekat, maka pertanyaan utama akan timbul di kepala kita, sudahkah kita siap? apa yang sudah kita tanam selama di dunia ini? apakah kita ketika di hisab nanti akan "panen raya" atau sebaliknya "paceklik" di Akhirat nanti??

Gambaran tentang kehidupan Hari Kiamat
Tak ada seorangpun yang bisa membayangkan kedahsyatan peristiwa hari Akhir, yang ditandai dengan ditiupnya sangkakala pertama oleh malaikat israfil, dan semua yang ada dilangit dan dibumi akan hancur lebur tanpa sisa. Firman Allah swt dalam QS.Az-Zumar 39 : 68
"Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala itu sekali lagi maka tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masing-masing)". Kedahsyatan hari kiamat juga tergambar jelas dalam QS. Az-Zalzalah 1-8 "Apabila bumi digoncangkan dengan goncangan (yang dahsyat), dan bumi telah mengeluarkan beban-beban berat (yang dikandung)nya, dan manusia bertanya: "Mengapa bumi (menjadi begini)?", pada hari itu bumi menceritakan beritanya,karena sesungguhnya Tuhanmu telah memerintahkan (yang sedemikian itu) kepadanya. Pada hari itu manusia ke luar dari kuburnya dalam keadaan bermacam-macam, supaya diperlihatkan kepada mereka (balasan) pekerjaan mereka, Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya pula". ; QS. Al- Waqi'ah 1-6  "Apabila terjadi hari kiamat, tidak seorangpun dapat berdusta tentang kejadiannya.(Kejadian itu) merendahkan (satu golongan) dan meninggikan (golongan yang lain), apabila bumi digoncangkan sedahsyat-dahsyatnya, dan gunung-gunung dihancur luluhkan seluluh-luluhnya, maka jadilah ia debu yang beterbangan." ;  dan juga Q.S Al Mu’minun: 15-16 “Kemudian, sesungguhnya kamu sekalian akan dibangkitkan (dari kuburmu) di hari Kiamat.” 

No comments:

Post a Comment