Thursday, January 3, 2013

The Answer of The Big Question "WHY?"

The Big Question : WHY?  KENAPA?
Pertanyaan diatas paling sering saya terima akhir-akhir ini, mungkin karena beberapa keputusan "perubahan dalam diri saya" yang saya lakukan....misalnya saja "Pake jilbab nih sekarang? Kenapa?" "Buat blog baru ya? berat amat isi nya, kenapa?" "Kenapa blog lu namanya bumiberpelangi? kok gak islami juga namanya? . Saya akan coba jawab disini satu persatu walau dengan sederhana.

Alhamdulillah...., Now I'm a Hijabers!
Keputusan berhijab ini datang benar-benar dari dalam diri saya sendiri, saya berbintang Aries, dimana saya selalu "kutau yang kumau" dan biasanya akan mengejar apa yang saya mau, sifat itu membawa saya selalu menjadi pribadi yang alhamdulillah percaya diri dan tidak gampang terbawa arus negativ, walau pergaulan saya dengan berbagai macam karakter teman, mulai dari  'anak masjid' sampai  'anak gaul jakarta'. Saya tidak menafikkan bahwa dulu saya juga sama seperti remaja lain banyak coba-coba dan juga senang dengan kehidupan gaul yang glamor, masa-masa indah yang saya pandang sebagai masa menempa diri dan memperkaya pengalaman, namun saya sebut (sambil berniat canda) sebagai "Masa Jahiliyah Ku".
Teman2 saya banyak juga yang terkejut ketika saya ber hijab, karena mereka mengenal saya dari masa jahiliyah saya itu, dimana pakaian saya biasanya .....ya gitu deh, kurang bahan, bahasa nya, yang jelas tidak tertutup walau tidak buka-buka an seperti banyak remaja jaman sekarang ini. Dahulu, saya selalu pd dan nyaman dengan pilihan cara berpakaian saya,namun tiba2, beberapa bulan yang lalu, saya ikut sebuah pengajian yang membahas tentang wanita, dimana dibahas dalam pengajian tersebut salah satunya adalah perintah mengenakan hijab bagi wanita dalam QS. Al-Ahzab [33]: 59 dan An-Nur [24]: 31, nah sejak saat itu saya yang biasanya ratu nya pd jadi merasa tidak pd dan mulai tidak nyaman dengan semua pakaian saya, dan hal ini sangat mengganggu karena bagi saya kenyamanan diri no1. Saya tidak tau kenapa, namun ketidak nyamanan itu berlangsung terus menerus selama satu bulan. Namun ke anehan yang terjadi itu berubah pada suatu hari ketika saya datang ke pengajian dan mengenakan busana muslim, walau belum berhijab, masih pakai kerudung saja. Tiba2 saja kenyamanan hinggap lagi dalam diri saya, walau belum sepenuhnya, saya pun penasaran dan mencoba besoknya untuk benar-benar berhijab dan BAM! This is it! Pd dan kenyamanan kembali dalam diri saya, dan sejak itu saya kembali "kutau yang kumau" saya tau pada hari itu, bahwa jiwa saya telah terpanggil, saya pun menangis terharu hari itu dan saya panjatkan do'a syukur kepada Allah yang masih mengasihi saya, sehingga  Dia memberi saya petunjuk yang indah ini.
Allah bersabda dalam QS. Al-Qashash [28]: 56  " ...........Allah memberi petunjuk kepada orang yang dikehendaki-Nya, dan Allah lebih mengetahui orang-orang yang mau menerima petunjuk".          


Alhamdulillah...., Now I can write this blog (dan keinginan dibaliknya)
Setelah saya menerima petunjuk untuk berhijab diatas rasanya nikmat sekali, tak putus rasa syukur saya kepada Allah karenanya, saya pun selalu ber Do'a " "Rabbanaa laa tuzigh quluubanaa ba'da idz hadaitanaa wahab lanaa min ladunka rahmatan innaka antal-wahhaab" Yang artinya ; " Ya Allah Tuhan Kami, Janganlah Engkau sesatkan kami sesudah (kami) mendapat petunjuk, berilah kami karunia, Engkaulah Yang Maha Pemurah." Namun rupanya Allah Sang Maha Pengasih, Yang Maha Luas dengan anugerah-Nya  benar-benar Memberi melampaui batas harapan pengharap-Nya, Ia kembali menggerakan Kuasa-Nya membuat saya yang selama ini memendam keinginan untuk membuat tulisan islami secara sederhana, semampu saya, namun belum terlaksana, karena ke malasan saya, jatuh sakit! Sakit saya menyebabkan saya ber-nazar, apabila sakit tidak separah yg diperkirakan dan sembuh saya akan membuat blog ini, dan itulah Bam yang kedua! Alhamdulillah sakit saya tidak 'separah itu' dan hanya perlu istirahat, dan masa istirahat saya gunakan untuk menulis blog ini dimulai dari hari terakhir di tahun 2012. Blog ini saya tulis dengan semangat setelah bermuhasabah terhadap diri saya, yaitu untuk mengisi lembaran hidup saya dengan hal yang bermakna dan insyaAllah berguna bagi orang lain dan dapat menjadi saldo 'ilmu yang bermanfaat' di yaumul Nisab nanti bagi saya. Amin YRA

BUMI BER-PELANGI
Nama bagi saya sangat penting, karena menggambarkan "karakter" sang penulis dan tulisan nya. selama 3 hari nama blog ini adalah dakuterusbelajar, namun saya tidak puas dengan nama itu, mengganjal rasanya di hati ini, dan ketika pagi tadi saya berjemur matahari sambil mensyukuri ni'mat Allah yang tak ada habisnya ini, yaitu alam, saya tersadar nama blog saya haruslah menggambarkan kenikmatan Allah yang tiada tara nya ini. Dan seketika saya mendapat inspirasi nama Bumi Berpelangi, dimana Bumi menggambarkan seluruh ni'mat yang diberikan Allah kepada kita di Dunia ini, dan Pelangi menggambarkan aneka warna dan keanekaragaman yang terdapat di bumi ini, dimana semuanya itu sangatindah dan harus di syukuri. begitulah kira-kira filosofi dibalik nama Bumi Berpelangi.

Saya senantiasa berdoa kepada Allah, semoga Ia selalu Melimpahkan Hidayah dan Rahmat-Nya kepada junjungan kita Rasulullah SAW, kepada saya, keluarga saya dan kita semua. Semoga saya juga diberikan kekuatan dan semangat untuk dapat terus berkarya dan menulis di blog ini, semampu saya.
Saya amat berharap semua keluarga, teman dan para pembaca blog ini juga dapat menyemangati saya dan juga memperoleh sesuatu yang posituv dari blog ini.

Terimakasih ya untuk yang sudah mau membaca blog saya ini...!   

No comments:

Post a Comment